Jumat, 25 Mei 2012

Jangan Jadikan Buah-buahan Ini sebagai Cemilan


Meski buah terlihat sehat, tetapi tidak semua buah baik untuk dikonsumsi sebagai cemilan di waktu senggang.
JAKARTA, Jaringnews.com - Ada saat-saat dimana tubuh ketika tubuh membutuhkan asupan makanan ringan. Ketimbang mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat, ada baiknya Anda lebih memilih mengkonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan berry misalnya, bisa menghentikan rasa lapar. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin. Beberapa contoh dari keluarga berry yang sering  ditemukan di sekitar kita seperti blueberry, strawberry, dan rasberries.

Selain itu apel, pir, dan alpukat juga bisa menjadi pilihan lain untuk mengatasi kelaparan. Buah-buahan ini tidak hanya mengandung vitamin C, tapi juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

Meski buah terlihat sehat, tetapi tidak semua buah baik untuk dikonsumsi sebagai cemilan di waktu senggang. Seperti dilansir Times of India, ada beberapa jenis buah yang tidak baik untuk dijadikan cemilan:

1. Melon dan semangka
Baik melon dan semangka memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Tercatat kedua buah tersebut mencapai posisi 65 pada indeks glikemik. Hal tersebut menandakan, Anda jangan mengkonsumsi melon dan semangka dalam jumlah besar jika tidak ingin terkena diabetes.



2. Nanas
Nanas memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Namun, buah ini juga mengandung nutrisi penting, yaitu bromelain, enzim yang terbukti mengurangi peradangan dan pembengkakan.

3. Mangga dan pepaya
Meski tidak semanin nanas, buah-buahan ini lebih baik dinikmati sekali-kali. Sebagai pilihan terbaik, buah pisang dapat menggantikan rasa kenyang ketika makan mangga dan pepaya. Meskipun pisang memiliki kandungan gula tinggi, tetapi pisang merupakan sumber energi yang baik.

Pada dasarnya semua buah baik bagi tubuh. Tapi, mengkonsumsi terlalu banyak dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar